Pengertian Information Retrieval

Information Retrieval merupakan suatu tehnik mencari materi yang bersifat tidak terstruktur dari dalam koleksi besar yang dapat melengkapi suatu kebutuhan informasi.

Cara kerja dari Information Retrieval

Sebuah proses information retrieval dimulai ketika pengguna memasukkan query ke dalam sistem. Query adalah pernyataan yang resmi dari kebutuhan informasi, sebagai contoh pencarian string pada web search engine. Dalam information retrieval query tidak secara unik mengidentifikasi satu objek dalam koleksi. Sebaliknya, beberapa objek mungkin cocok dengan query, mungkin dengan derajat yang berbeda relevansi.

Sebuah objek adalah sebuah entitas yang direpresentasikan oleh informasi dalam database. Query pengguna yang dicocokkan dengan informasi database. Tergantung pada penggunaan objek data dapat berupa, misalnya, dokumen teks, gambar, audio, peta pikiran atau video. Seringkali dokumen itu sendiri tidak disimpan atau disimpan secara langsung dalam sistem IR, tapi malah diwakili dalam sistem dengan pengganti dokumen atau metadata.

Kebanyakan sistem IR menghitung skor tingkat kesesuaian antara query dan objek dalam database, dan peringkat obyek berdasarkan nilai ini. Objek dengan peringkat teratas yang kemudian ditampilkan ke pengguna. Proses ini kemudian dapat diiterasi jika pengguna ingin memperbaiki query.

 

proses information retrieval

proses information retrieval -berkeley.edu

Masa depan Information Retrieval

Information Retrieval di masa depan cara pengambilan informasi harus mengantisipasi kebutuhan pengguna dan merespon dengan informasi yang sesuai dengan konteks saat ini tanpa pengguna harus memasukkan query atau bahkan memulai interaksi dengan sistem. Dalam konteks mobile seperti sistem mungkin mengambil bentuk sebuah aplikasi yang merekomendasikan tempat-tempat menarik dan kegiatan berdasarkan lokasi pengguna, preferensi pribadi, sejarah masa lalu, dan faktor-faktor lingkungan seperti cuaca dan waktu. Dalam lingkungan desktop tradisional, sistem tersebut bisa memantau aktivitas yang sedang berlangsung dan menyarankan informasi terkait, atau track berita, blog, dan media sosial untuk update yang menarik. Dalam hal apapun, sistem tersebut harus memungkinkan pengguna untuk dengan cepat bertindak atas informasi dan saran. Sementara sistem tersebut umumnya akan tetap tidak mengganggu, menunggu pengguna untuk memulai interaksi (tapi memberikan “istilah nol permintaan”), kadang-kadang sistem proaktif mungkin mengganggu pengguna untuk memberikan informasi penting (yang kita sebut “kurang dari istilah nol permintaan”) .

Komentar